Perkembangan dunia bisnis saat ini sangatlah dipengaruhi oleh berbagai macam teknologi dan informasi atau bahkan bisa dikatakan sudah memasuki dunia digital. Era digital mengharuskan Anda menguasai pemasaran digital atau yang juga dikenal dengan digital marketing.

Konsep digital marketing adalah memanfaatkan ruang lingkup yang luas pada berbagai media seperti, radio, perangkat mobile, hingga internet. Media digital ini akan memberikan infografis mengenai barang atau jasa yang ditawarkan oleh pebisnis, terutama penekanan khusus pada merk sebuah barang atau jasa dibndingkan dengan media konvensionaal. Terlebih pada media internet yang menjadi sarana ampuh untuk meroketkan bisnis digital marketing Anda.


Media pemasaran digital mampu menjangkau kalangan tanpa batas waktu dengan cara apapun

Media pemasaran digital diklaim mampu menjangkau semua kalangan, kapan pun, dimana pun, dan dengan cara apapun. Tentu sangat jauh lebih unggul daripada marketing konvensional yang hanya terbatas waktu, lokasi, dan jangkauna pengguna.

Berikut inilah berbagai kelebihan  yang dimiliki digital marketing dibandingkan dengan marketing konvensional yang di rangkum oleh Digital Marketing Bangka Belitung:


1. Jangkauan konsumen yang luas dan mendunia


Pengguna digital marketing seperti teknik SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari google, iklan di media online, hingga iklan di sosial media tentu akan bisa menjangkau konsumen yang cukup luas, siapapun yang mengakses array tersebut akan menjangkau iklan atau informasi tentang pelayanan atau servis yang Anda berikan. Tidak hanya dari dalam negeri sendiri bahkan bisa sampai ke luar negeri bahkan ke seluruh dunia.


2. Kombinasi sumber daya bisa memaksimalkan hasil


Berbicara soal konsep dasar digital marketingl ini, Anda bisa dengan leluasa memaksimalkan sumber daya papaun yang bisa mendukung kegiatan bisnis dalam digital marketing. Misalkan, dengan menggunakan official account di media sosial agar terlihat lebih elegan, profesional, dan terpercaya. Lalu ditambah lagi dengan kampanye melalui media story YouTube seperti beberapa bisnis digital yang lagi trend saat ini.


3. Memperkirakan jumlah dan spesifikasi jangkauan calon konsumen


Kelebihan yang sangat menuntungkan bagi pebisnis adalah bisa memprediksi jangkauan konsumen. Anda bisa menargetkan calon pembeli atau konsumen berdasarkan usia, peminatan, tingkat pendidikan, gender, hingga perilaku keseharian yang terpantau di sosial media.


4. Waktu pencapaian relatif lebih cepat, mudah, dan murah


Kampanye digital untuk melejitkan bisnis tentu memberikan dampak atau hasil yang jauh lebih cepat dan murah dibandingkan dengan cara konvensional. Lebih cepat mengena pada calon konsumen karena jangkauan luas dalaam waktu yang bersamaan. Sementara murah pada beberapa teknik tertentu, karena konsep digital marketing juga bisa saja mahal karena strategi yang diterapkan membutuhkan sumberdaya yang banyak.


Digital marketing ini secara luas juga memiliki target yang sama dengan pemsaran konvensional. Yaitu target agar calon konsumen membeli langsung produk yang Anda tawarkan, atau merubah persepsi dan cara pandang konsumen terhadap suatu produk/brand Anda. Pemasaran untuk pembelian secara langsung hanya berlaku jangka pendek yaitu nproduk terbeli dan menjaga pengulangan pembelian terjadi. Namujn pemsaran dengan tujuan brand, akan memberikan dampak jangka panjang berupa kenaikn popularitas brand akan meningkat.


Bahkan dalam perkembangan saat ini pemasaran dengan metode pemanfaatan internet bisa dilakukan dengan advertorial, yaitu berita yang menampilkan produk Anda. Sehingga secara tidak langsung akan mengajak calon konsumen yang membutuhkan untuk membeli produk yang dipasarkan.